Home » » BELAJAR MS ACCSES

BELAJAR MS ACCSES

Written By cekonecektwo on Selasa, 23 Februari 2010 | 17.09

MS Access telah berkembang menjadi salah satu program database yang amat populer. Kepopulerannya tidak terlepas dari kemudahan pemakaiannnya, dan mudah diperoleh. MS Accses merupakan perangkat lunak sistim manajemen database relasional dan berorientasi visual, dan berbasis windows. Fungsi kinerja utamanya adalah digunakan untuk membuat dan memodifikasi tabel, formulir entry data, query, report/laporan dan database. Kemampuan memodifikasi keempat option database tersebut juga didukung oleh keterkaitannya dengan bahasa program yang lain misalnya Microsoft Visual Basic.Untuk materi teori dasar Data Base download aja di sini

MODUL 1
PENGENALAN MICROSOFT ACCESS
Indikator
1. Siswa dapat menyebutkan elemen elemen dalam pemrograman dengan menggunakan MS Access
2. Siswa dapat mengangktifkan program MS Accsess
3. Siswa dapat membedakan tabel, query, form, report dan switchboard
4. Siswa dapat memebedakan tabel, field dan record pada dokumen database
5. Siswa dapat mengakhiri program MS Access

PEMBAHASAN
MS Access telah berkembang menjadi salah satu program database yang amat populer. Kepopulerannya tidak terlepas dari kemudahan pemakaiannnya, dan mudah diperoleh. MS Accses merupakan perangkat lunak sistim manajemen database relasional dan berorientasi visual, dan berbasis windows. Fungsi kinerja utamanya adalah digunakan untuk membuat dan memodifikasi tabel, formulir entry data, query, report/laporan dan database. Kemampuan memodifikasi keempat option database tersebut juga didukung oleh keterkaitannya dengan bahasa program yang lain misalnya Microsoft Visual Basic.

Gambar: 1.1 Alur Logika Pemrograman dengan MS Access
A. Database MS Accses
Sebuah databse di dalam program MS Accses adalah sekumpulan data atau informasi yang disimpan dalam tabel. Tabel tersebut terdiri dari baris (disebut record) dan kolom (disebut field). Pada kasus yang akan kita pelajari akan digunakan database : Database Siswa.mdb dan database Perpustakaan. mdb. File database Siswa.mdb merupakan file untuk pengelolahan database siswa. Dalam hal ini adalah pengelolahan biodata siswa dan pengolahan nilai siswa. File database Perpustakaan.mdb merupakan file untuk mengelolah sistim perpustakaan. Dalam hal ini adalah pengelolahan data buku, data anggota, dan data peminjaman buku. Sebelum kita membahas mengenai kedua database diatas terlebih dahulu kita membahas elemen atau objek dari database dalam MS Accses.

1. Tabel
Tabel atau sekumpulan data spesifik tentang subjek tertentu yang disusun sedemikian rupa dalam bentuk kolom (field) dan baris (record). Kolom berisi judul yang mewakili sekumpulan baris. Sedangkan baris (record) berisi kumpulan data yang memiliki karakteristik pengertian yang sama. Jadi satu record mewakili satu data atau informasi tentang suatu entitas subjek secar lengkap. Misalnya record informasi tentang nama barang, maka akan berisi dengan type data adalah Text dll. Secara ringkas field dan record digambarkan sebagai berikut.

2. Query
Query digunakan untuk memanipulasi data dan mengendalikan manipulasi data tersebut melalui bahasa query. Query pada umumnya digunakan untuk memanipulasi data, record dan filed yang terdapat dalam suatu tabel atau query. Secara lebih spesifik, query dirancang untuk :
a. Merelasikan data (record dan field) antara tabel atau query atau kombinasi tabel dan query
b. Menciptakan field baru beserta record dan data baru dalam query itu sendiri.
c. Menyajikan bahan dasar untuk pembuatan form dan report

Sebuah query sering juga disebut dynaset (dinamic set of information) yaitu sekumpulan informasi yang dinamis, dimana query tersebut berubah sesuai dengan isi tabel pendukungknya. Berikut adalah salah satu contoh query.
Gambar 1.2: Tampilan design query
gambar 1.3: Hasil query


3. Form (Formulir)
Form dirancang untuk menampilkan filed yang dibutuhkan dan label penjelasannya dalam tampilan menarik. Sebuah form menitik beratkan pada informasi yang dibutuhkan. Fungsi operasionalnya adalah untuk memanipulasi record, dan secara lebih spesifik untuk mempermudah menginput data. Berikut contoh sebuah Form.
gambar 1.4: Contoh sebuag FORM

4. Report
Report (laporan) digunakan unutk menampilkan atau mencetak informasi yang berasal dari tabel atau query. Report merupakan hasil akhir pengelolahan database menggunakan MS Accses. Isi Report d tidak bisa dimanipulasi seperti halnya query dan report, tetapi hanya menampilkan isi dari tabel atau query pendukungnya. Berikut adalah contoh sebuah report database sebuah toko.
gambar 1.5: Contoh tampilan Report

Dari diagaram alur pemrograman dengan MS Accses dapat dilihat bahwa kontribusi dari database amat besar sekali, sehingga bagaimana kita dapat merancang sebuah database dalam bentuk tabulasi tabulasi yang efektif. Dari tabel database tersebut bisa diakses ke bagian query yang merupakan bagian untuk merubah, menambah, menampilkan data tertentu ataupun memanipulasi database tersebut. Letak kelebihan program MS Accses adalah dengan fasilitas query ini dapat merelasikan tabel tabel dalam suatu database.

Kesimpulan:
Alur data dapat dijelaskan sebagai berikut: Entry dan manipulasi data melalui form yang disebut input dan pada saat itu juga data disimpan dalam tabel database. Dari tabel, data dikelolah oleh query yang disebut proses dan hasilnya adalah sebuah report yang disebut output.


B. Switchboard
Pada prinsipnya setelah sebuah database berisi tabel, form, query dan report, seperti pembahsan diatas, maka sebenarnya aplikasi database menggunakan MS Accses untuk mengolah database sudah selesai. Namun dalam prakteknya aplikasi seperi itu tampak sangat terbuka dan pengguna (user) dapat melihat langsung isi program yang kita buat sampai kedalam bagian perancangannya. Bagi programmer hal ini kurang baik karena hasil karya kita bisa ditiru bahkan bisa rusak oleh orang lain. Misalnya saja seorang user bisa masuk ke design form dan mengganti isi desinnya.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, dan terutama untuk tujuan estetika (keindahan program) maka kita perlu merancang sebuah fasilitas untuk membungkus dan mengemas tabel, query, form dan report dan mungkin ada macro, bahkan seluruh isi program dan prosedur yang telah dibuat sehingga yang tampak pada pengguna adalah tampilan yang praktis dan meraik. Fasilitas tersebut dinamakan Switcboard Manager. Berikut contoh Switcboard.
gambar 1.6: Contoh tampilan switcboard

Nah sampai disini dulu pelajaran kita yang pertama. Kunjungi terus situs ini untuk mendapatkan modul 2 yang membahas materi lebih lengkap lagi.

Untuk materi teori dasar Data Base download aja di sini

Sukses selalu..........
Share this article :

Poskan Komentar