Latest News

Mengenal Project Board atau Bread Board

Project Board atau yang sering disebut sebagai Bread Board adalah dasar konstruksi sebuah rangkaian elektronik dan merupakan prototipe dari suatu rangkaian elektronik. Di zaman modern istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada jenis papan tempat merangkai komponen, dimana papan ini tidak memerlukan proses menyolder ( langsung tancap ).
Karena papan ini solderless alias tidak memerlukan solder sehingga dapat digunakan kembali, dan dengan demikian dapat digunakan untuk prototipe sementara serta membantu dalam bereksperimen desain rangkaian elektronika. Berbagai sistem elektronik dapat di coba dengan menggunakan breadboard, mulai dari rangkaian analog dan digital kecil sampai membuat unit pengolahan terpusat (CPU).
Secara umum breadbord memiliki jalur seperti berikut ini :

Penjelasan :

2 Pasang jalur Atas dan bawah terhubung secara horisontal sampai ke bagian tengah dari breadboard. Biasanya jalur ini digunakan sebagai jalur power atau jalur sinyal yg umum digunakan seperti clock atau jalur komunikasi.
5 lobang komponen di tengah merupakan tempat merangkai komponen. Jalur ke 5 lobang ini terhubung vertikal sampai bagian tengah dari breadboard.
Pembatas tengah breadboard biasanya digunakan sebagai tempat menancapkan komponen IC

Penggunaan breadboard sudah ada sejak jaman awal penemuan komputer. Komputer APPLE 1 yang merupakan cikal bakal PC modern pertama kali dirancang diatas breadboard

1 comment:

Didacticos Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Samsir Adrian Templates